Akhsan

Muhammad Akhsanul Akhlaq memiliki kepedulian dalam isu limbah makanan (food waste). Sebagai pengajar di SMK, kepedulian tersebut ia terapkan dengan mengajar tentang isu limbah makanan dan lingkungan kepada murid-muridnya. Akhsan, begitu ia akrab disapa, berpikir isu limbah makanan sangat penting karena dapat menyebabkan disrupsi, seperti penyempitan tata ruang karena kurangnya area pengelolaan sampah, serta berkurangnya ketersediaan bahan pangan karena kurangnya pengelolaan sumber bahan pangan yang baik. Ia juga pernah memimpin kegiatan penanaman pohon di hutan kota Srengseng, Jakarta Barat. Dalam kegiatan itu, Akhsan berhasil mengajak warga lokal berpartisipasi untuk mengurangi polusi udara di Jakarta. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari peran Akhsan yang menjadi narahubung dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan narahubung dengan pengelola hutan kota yang menyediakan lokasi penanaman pohon.

Akhsan juga pernah menjadi volunteer di Amnesty Indonesia, anggota komunitas Gusdurian Jakarta dan magang sebagai content writer di Pikiran Rakyat, Bandung.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram