Nia Oy

Antonia Maria Oy adalah seorang anak muda asal Waingapu, NTT, yang aktif dalam Kelompok Orang Muda Peduli Iklim. Sebagai anggota komunitas ini, fokusnya adalah mengkampanyekan isu krisis iklim, termasuk didalamnya pengelolaan sampah. Salah satu kegiatan komunitas adalah memberikan edukasi kepada pelajar mengenai kondisi bumi yang semakin kritis dan upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dalam program "Goes to School".

Selain melakukan kampanye lingkungan, Nia, begitu ia biasa disapa, juga sangat risau dan peduli dengan masalah pengelolaan sampah plastik di daerahnya, Waingapu. Terutama karena masih sedikitnya Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dan belum adanya Tempat Pemrosesan Akhir (TPA. Ditambah lagi tidak adanya fasilitas pengelolaan sampah plastik yang memadai. Hal ini membuat masyarakat juga tidak memiliki pilihan sehingga membuang sampah di sembarang tempat. Menurutnya, saat ini beberapa tempat pembuangan sampah berada sangat dekat dengan perumahan warga, bahkan pembuangan sampah di rumah sakit yang juga masih menjadi persoalan besar.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram